Facebook Twitter Email
Gratis berlangganan artikel kukuhcdh.com via mail, join sekarang!

Sabtu, 29 September 2012

1
pengertian apa itu supernova

Do you want to share?

Do you like this story?


Supernova adalah sebuah fenomena ledakan yang dikarnakan Habisnya masa usia suatu bintang, saat bahan bahan nuklir pada inti bintang telah habis, Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai ratusan juta kali cahaya bintang tersebut semula, beberapa minggu atau bulan sebelum suatu bintang mengalami supernova bintang tersebut akan melepaskan energi setara dengan energi matahari yang dilepaskan matahari seumur hidupnya. ledakan ini meruntuhkan sebagian besar material bintang pada kecepatan 30.000 km/s (10% kecepatan cahaya)dan melepaskan gelombang kejut yang mampu memusnahkan medium antarbintang.

Ledakan Supernova akan terjadi bila sebuah bintang mulai kehabisan energi untuk memproduksi cahaya. Namun, tidak semua bintang akan meledak dengan ledakan super dahsyat. Umumnya hanya bintang yang memiliki massa sekitar 15 kali massa Matahari yang memiliki potensi meledak sangat dahsyat. 


Sisa-sisa bintang itu akan kolaps menjadi material yang jauh lebih kecil dengan luas hanya beberapa kilometer tapi dengan kepadatan (densitas) yang sangat ekstrim. Ini adalah Neutron Star. Satu sendok teh material bintang neutron beratnya bisa mencapai seratus juta ton (bayangin kalau satu sendok makan!).

Selama Supernova bintang itu juga akan mengeluarkan semburan energi maha-dahsyat, Gamma-Ray Burst, yang energinya bisa jadi merupakan ledakan energi paling spektakuler di seluruh alam semesta. Ledakannya hanya berlangsung beberapa detik, tapi energinya sama dengan seluruh energi yang dikeluarkan Matahari selama 10 Milyar tahun!

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Informasi astronomi di inbox anda:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasi infonya nih sob
and ane mau nawarin tukar link dengan blog ane http://mudah-cepat-hemat.blogspot.com/
blog ini ber PR 2 gan
kunjungi blog saya gan (y)
Mohon kerjasamanya :)

Posting Komentar

 

Label